Selasa, 14 Desember 2010

Wisata Kuliner di Bogor


        Jika banyak orang yang menanyakan makanan khas/oleh-oleh dari Bogor, jawabannya yaa roti unyil, asinan bogor, dan talas Bogor. Tapi, sebenarnya ada banyak juga tempat jajanan asik di Bogor lho!!  Bogor, yang dikenal dengan kota hujan (karena sering hujan tentu saja) atau bisa juga disebut kota sejuta angkot (sejauh mata memandang, banyak ditemukan angkot dimana-mana)…heehehe, memiliki  beberapa tempat wisata dan kuliner yang membuat banyak orang dari luar Bogor berdatangan (*dan ini membuat warga Bogor menjadi tidak bisa menikmati kotanya sendiri karena macet ^^; )
          Apa saja sih jajanan yang ada di Bogor?? Kita mulai dari Jalan Pajajaran, dulu Jln. Pajajaran ini bisa dibilang sepi, tapi sekarang jadi rame banget, kenapa??soalnya disini banyak tempat jajanan yang seru..mulai dari yang ala resto-resto seperti Delima, Café Sebrang, Manjare Café, Fatmawati, Gili-Gili, Midori, Mie Ramen, Wajan Bekas (*bukan menjual wajan-wajan bekas, tapi memang nama tempatnya ya wajan bekas), Taman Palem,,de el el…sampai warung-warung tenda pinggir jalan. Apalagi kalau sudah menjelang sore sekitar jam 4 atau jam 5, sepanjang Jalan Pajajaran akan dipenuhi oleh warung-warung tenda (lebih dikenal dengan nama SaRas/Sari Rasa). Makanan yang ditawarkan di sepanjang SaRas ini contohnya roti bakar, mie rebus, pisang bakar, nasgor, rujak cingur, mie Jogja, bahkan ada bento Jepang juga. Di SaRas ini, biasanya kebanyakan orang yang datang memang sengaja untuk cari makan atau sekedar “nongkrong-nongkrong be-Gaoel” sama temen-temennya. Yaaa..walaupun akhir-akhir ini sudah mulai banyak warung-warung tenda yang menghilang, karena adanya pembangunan. Maklum, warung tenda ini adanya di pinggir jalan (di depan lahan maupun rumah/gedung) dan beberapa pemilik sudah mulai membangun di lahan tersebut, sehingga keberadaan warung-warung tenda ini sudah mulai berkurang.
          Ada juga Café Taman Koleksi yang berlokasi di dalam Taman Koleksi Kampus Institut Pertanian Bogor Baranang Siang. Tempatnya nyaman, free wi-fi, makanan yang ditawarkan pun sehat, dan untuk harga?? terjangkau lah J.  Taman koleksi ini bersebelahan dengan Botani Square, jadi, abis dari nih Café, bisa mampir dulu ke Botani Square ^^.
          Lokasi berikutnya, di daerah Taman Kencana, Taman Kencana adalah sebuah taman kecil di Bogor yang merupakan peninggalan jaman Belanda. Disini tempat jajanannya “nyempil-nyempil”, jadi harus lebih teliti melihat tempatnya. Resto di Taman Kencana yang terkenal, yaitu Warung Taman, sedangkan untuk camilannya ada Death by Chocolate, Pia Apple Pie, dan Macaroni Panggang (MP).
          Selanjutnya, ke Jalan Sudirman! Wisata kuliner disini ada Mie Sahabat (Yun Sin), Martabak Air Mancur, toko roti Bogor Permai (BoPer-rotinya orang Bogor ^^), Bakmie Bangka, dan Soto Santan Bang Ali. Yang unik, kalau jalan-jalan keliling Bogor, pasti di tiap jalan  banyak ditemukan tukang soto kuning, anehnya setiap hari soto mereka habis dibeli orang meski lokasinya cuma di emper-emper jalan.  Soto ini dibuat dari kuah santan yang dibubuhi kunyit hingga warnanya kuning. Isinya berupa daging dan jeroan yang diletakkan di atas wadah yang sudah di alasi daun pisang. Kita bisa memilih dan menusuk daging pilihan kita sendiri. Ada babat, lidah, daging, urat, dan usus kemudian dilengkapi dengan kecap manis, irisan seledri, dan bawang goreng. Selanjutnya, daging tadi disiram kuah soto yang panas. *Wah jadi ngiler nih…
Oh iya, jangan lupa mencicipi Tauge Goreng kalau mampir ke Bogor. Salah satu Tauge Goreng yang nikmat ada di Jl. Jend Sudirman. Walaupun dinamakan taoge goreng, tapi sebetulnya taogenya tidak digoreng loh..Tauge direbus bersama mie, setelah matang disajikan bersama tahu goreng, lontong dan disiram kuah tauco yang dimasak bersama oncom dan bumbu.
          Dari Jalan Jend Sudirman, kita ke Bondongan. Bagi yang sukaaa banget sama nangka, naaah ke Jalan Pahlawan ajah, tepatnya di depan Taman Makam Pahlawan. Selain nangka, dijual juga durian dan cempedak. Lalu menjelang sore, sama dengan daerah Pajajaran, di daerah Bondongan ini cukup banyak warung tenda yang bertebaran. Salah satunya Colenak yang ada di depan Gang Pahlawan. Colenak merupakan kepanjangan dari 'dicocol enak'. Makanan yang terdiri dari tape singkong atau pisang yang dipanggang ini memang disajikan sambil dicocol larutan gula merah dan di atasnya ditaburi kelapa muda. Dan, di samping warung tenda colenak ini ada yang menjual Ayam panggang. Soal rasa?silakan dicicipi sendiri, dijamin ga nyesel deh ^^.  Kita jalan sedikit lagi yaa, ke daerah Layungsari, disini ada warung baso yang terkenal, namanya Sido Mampir, awalnya tempat ini kecil, kemudian baru-baru ini pindah ke sebrang jalan, ke tempat yang lebih luas dari sebelumnya. Teruuuuus ga jauh dari Layungsari, ada warung mie ayam Niki, Ayam Goreng Warung Doyong dan ada jajanan kue basah Warung Doyong (kebanyakan disini menjual kue-kue jaman kita kecil).
Bansus adalah kependekkan dari Bandrek Susu. Nikmat sekali dinikmati waktu malam hari, di tengah udara sejuk kota Bogor. Bandrek sendiri berupa campuran minuman yang terbuat dari sari jahe dan rempah-rempah, sehingga memiliki aroma pedas dan hangat. Penambahan susu pada bandrek menjadikan rasa pedas bandrek sedikit berkurang, diganti dengan gurihnya susu. Warung bansus banyak sekali tersebar di sekitar Bogor. Tapi Bansus paling terkenal terdapat di Jl. Pahlawan, sekitar turunan Empang.
          Nah ini nih surganya kuliner, sepanjang  Jalan Suryakencana, Jalan Siliwangi sampai ke Sukasari…mulai dari Ngo Hiang khas Bogor, Mie Sehat, Soto Mie Agih, Soto Mie Ciseeng, Rujak Jagung Bakar, Lumpia Basah&Goreng, Ketupat Sayur, Mie Wong, Mie Tasik, Nasi Goreng Guan Tjo (paling terkenal nih), bahkan sampai Combro (di Gg.Aut dekat BANK BCA) dan Es Pala pun ada. Puas deh kalau mau nyari makanan disini. Dimana si roti “unyil” Venus dan asinan Gedung Dalam? Itu ada di daerah Sukasari…kalau dulu mau beli roti unyil, belinya di tempat yang unyil juga, perlu ekstra suara (*buat teriak-teriak “Mba saya peseeen…......”) dan juga tenaga untuk antre dan desak-desakkan beli nih roti, tapi sekarang tempatnya sudah pindah ke sebelah Ekalokasari Plaza di daerah Sukasari (tapi teteup ajah antre kalau meu beli, jadi teteup perlu ekstra tenaga dan suara heuu =..=”), biasanya di tempat roti unyil Venus ini disediakan juga Asinan Gedung Dalam. Jadi ga perlu repot ke 2 tempat kalau mau membeli “jawara oleh-oleh” khas Bogor ini.
          Tentu saja, masih banyak tempat jajanan seru yang lain, silakan datang sendiri dan nikmati berburu makanan di Bogor. Akhir kata, semoga ini bermanfaat, dan Selamat Menikmati Wisata Kuliner di Bogor!!! ^^

Sumber:
*Cerita dari temen yang sering ngebolang buat nyari jajanan
*Hunting sendiri

9 komentar:

  1. Ciel, wah thx buat info kulinernya...CooL!! hehe bisa betah neh di Bogor...

    BalasHapus
  2. okok..ma sama...
    wah nambah nih orang yg betah di bogor.hehe..

    BalasHapus
  3. Hahahaha ya harus betah dunk ciel...lha ini kan RSnya dah terlanjur dibangun di Bogor...ga bs dipindahin kaaan...so...i have to get used to be...

    kira2 butuh wkt brapa bulan ya utk nyicipin semua makanan di blog km.......just wonder...
    Bogor I'm Comiiinggg!! hehe

    BalasHapus
  4. :)
    ummm...ga cukup sehari pastinya ^^~

    selamat datang di bogor!! :D

    BalasHapus
  5. yeaaahhh!! okay! hehe
    i'm gonna love it!

    God, Bogor pliz jgn sering2 ujan n jgn macet melulu biar sy bs jalaaaann2...
    Amen...

    P.S. Semoga sy jg jangan nyasar melulu... (-.-')

    hahaha ^0^

    BalasHapus
  6. hahaha....kalau ga hujan terus, namanya bukan bogor :)
    lagi musim hujan juga c,jadi sering hujan nih...
    hahaha..

    BalasHapus
  7. Penasaran bangen sm bansus...
    N pengen ngerasain teriak2 mBaaa sy peseeennn!! haha
    ohhh krg satu kulinernya...
    mesti cicipin kue dr penulis blog ini yg ktnya hobby bikin kue ^_^d
    itu lebih dr sekedar colenak...
    hehehe
    ditungguw kirimannaaa...

    BalasHapus
  8. hahhaa,,
    ok,sebenernya di tempat colenak tu jg da bansus
    tp yg terkenal yg di turunan empang situ
    wahahaha,,tar saya sampaikan ke penulisnya,,
    ^^~

    BalasHapus
  9. ^_^d
    blg sama penulisnya, kuenya ga usah manis2 soalnya mw makan smbl ngeliatin dia aja...
    sampe semut puyenk gr2 terlalu manis...
    hahaha (gubraks)
    ngamuk nih, blognya tmbh byk topiknya!!
    waahhh skrg real-time blog, uda ada fotonya venus hehehe

    BalasHapus